PKS EXPO JEPANG DUKUNG PRABOWO-SANDI

Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera (PIP-PKS) Jepang pada hari Minggu 3 Maret 2019 menggelar serangkaian kegiatan PKS Expo yang terdiri dari talk show, bazaar, penampilan seni budaya, lomba foto dan deklarasi pemenangan PKS dan Prabowo-Sandi dalam Pemilu 2019. Talk show bertema parenting ini mengambil topik ‘Karena Allah aku memilih’ dan menghadirkan dua orang pembicara, Dr. Mardani Ali Sera, M.Eng. dan Dr. Yesi Elsandra. Acara yang diselenggarakan di Nagoya Trade & Industry Center Hall ini dihadiri warga Indonesia yang sedang bertempat tinggal dan beraktivitas di wilayah Jepang tengah khususnya prefektur Shizuoka, Aichi, Gifu, dan Mie. Ada pula peserta yang hadir dari wilayah lain di Jepang, seperti Kansai, Hokuriku, dan Kanto. Dalam sambutannya, Ketua PIP-PKS Jepang, Endrianto Djajadi, M.Eng. menyampaikan sejarah dan peran PIP-PKS Jepang sejak berdirinya. Endrianto juga memaparkan riwayat kontribusi warga Indonesia dalam tiga kali Pemilu sebelumnya dan mendorong partisipasi aktif warga Indonesia dalam perhelatan akbar ini bulan April nanti.

Dr. Mardani Ali Sera, M.Eng. yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI memaparkan dalam talkshow bahwa kekuatan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Mardani yang juga adalah Ketua DPP PKS Bidang Kepemudaan ini lebih jauh merinci beberapa kunci dalam membangun keluarga, di antaranya adalah visi yang jelas, bukan sekedar sakinah, mawaddah, dan rahmah (samara), namun juga bervisi dakwah (samarada). Selain itu, Mardani juga menekankan tentang pentingnya ilmu tentang karakter keluarga unggul dan kedisiplinan dalam beramal.

Selanjutnya Dr. Yesi Elsandra, seorang praktisi parenting, melanjutkan dengan lebih rinci beberapa tips dalam membangun keluarga yang kuat dan berkarakter Islami tersebut. Yesi mengingatkan tentang keikhlasan, mengingat pernikahan ini adalah sebuah aktivitas ibadah. Yesi juga mengajak untuk setiap pasangan agar tak pernah berhenti berproses memperbaiki diri, meluaskan pergaulan. Khusus kepada peserta yang belum menikah, Yesi mengajak untuk tidak terlalu meninggikan kriteria dalam memilih pasangan, karena kriteria yang paling utama itu adalah dalam hal agama dan ilmu. Setelah itu, Yesi menekankan tentang urgensi doa. Diskusi hangat yang dipandu Ustadz Chandra Yuliansyah dari prefektur Mie ini disemarakkan pula dengan tanya jawab bersama peserta.

Kegiatan PKS Expo ini dipuncaki dengan rangkaian deklarasi pemenangan 2019 Pilih Prabowo-Sandi dan PKS yang berisi orasi politik oleh Dr. Mardani Ali Sera. Mardani menjelaskan dengan rinci tentang urgensi penguatan lembaga penegak hukum yang bersih, adil dan tidak berat sebelah, serta parlemen yang sehat. Mardani dalam kesempatan kali ini mendorong seluruh warga negara Indonesia agar mempergunakan hak pilihnya.

Sebagai upaya tindak lanjut dari talk show parenting ini, dalam acara ini dilaksanakan launching  Indonesia Parenting Club, sebuah komunitas pembelajaran warga Indonesia di Jepang untuk pembekalan bagi para orang tua dan persiapan bagi para calon orang tua. Program utama IPC adalah 6 Bulan Mencari Jodoh, sebuah upaya untuk membantu warga Indonesia di Jepang yang belum menikah untuk membangun visi rumah tangga dan menemukan pasangan yang sevisi.

Rangkaian acara PKS Expo juga diramaikan dengan bazaar berbagai produk busana muslimah dan makanan dari beberapa restoran milik warga Indonesia di prefektur Aichi, Gifu, dan Shizuoka. Tak lupa, pentas seni budaya tari Piring dan Saman serta lomba Foto dari pengunjung yang hadir turut memeriahkan PKS Expo ini. Selain itu, berbagai perlombaan edukatif dan acara anak juga dilaksanakan di ruangan terpisah. Anak-anak dikelompokkan ke dalam berbagai kelompok usia, kemudian disusun kegiatan yang sesuai usianya, seperti lomba menggambar, kelas menjahit, market games, dan ditutup dengan acara potong kue dan makan bersama.

Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera di Jepanghttp://www.pks-jepang.org

Share